cari-journey

Jumat, 24 Februari 2012

Oehala : Air Perdamaian

"Pada zaman kerajaan dulu terjadi sebuah pertikaian antar kedua suku yang sangat sengit, sampai akhirnya mereka menyadari bahwa pertikaian tersebut harus segera dihentikan dan kedamaian harus tercipta, sehingga bertemulah kedua suku tersebut di sebuah air terjun dan mereka melakukan perjanjian perdamaian dan juga berjanji untuk tidak akan melakukan pertikaian lagi. Lokasi tersebut akhirnya dinamakan Oehala, Oe berarti air dan Ala berarti damai, jadi Oehala berarti Air Perdamaian", begitulah Pae Nope menceritakan kepada saya tentang asal mula nama sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

.: Air Terjun Utama Oehala :. "Canon EOS 50D + EF 17-40 F/4L USM

Air terjun Oehala cukup berbeda dengan air terjun pada biasanya dimana air terjun bebas dari atas pada ketinggian hingga puluhan meter, tetapi air terjun Oehala ini turun bertingkat-tingkat, sehingga akan sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat rekreasi air bersama kerabat ataupun keluarga.

.: Air Terjun Oehala 1 :. 'Canon EOS 50D + EF 17-40 F/4L USM'

.: Air Terjun Oehala 2 :. 'Canon EOS 50D + EF 17-40 F/4L USM'
.: Air Terjun Oehala 3 :. 'Canon EOS 50D + EF 17-40 F/4L USM'

Infrastruktur air terjun Oehala pun sudah tersentuh oleh Dinas Pariwisata, walaupun tidak sepenuhnya, tetapi menurut saya infrastruktur yang ada sudah mencukupi, dimana sudah ada tangga dari semen yang sangat membantu untuk menuruni tebing menuju lokasi air terjun, tempat istirahat berbentuk loppo dan wc umum pun sudah tersedia, juga tempat sampah.

.: Tangga menuju Air Terjun Oehala :. 'Canon Powershot A2200'
.: Lopo-Lopo tempat beristirahat para pengunjung :. 'Canon Powershot A2200'

Sebagai sebuah lokasi wisata, air terjun Oehala bisa dibilang sangat bersih dan terjaga keasriannya, walaupun disisi bawah air terjun terdapat bangunan yang semula berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik tenaga air yang sudah tidak berfungsi lagi karena kandungan kapur di airnya sangat tinggi. Dengan biaya retribusi sebesar Rp. 3000,- untuk orang dewasa dan Rp. 1500,- untuk anak-anak tampaknya menjadi solusi tepat lokasi wisata untuk warga NTT di pulau Kupang dan wisatawan, tak heran jika pada hari sabtu dan minggu, air terjun Oehala diramaikan oleh pengunjung.
.: Pengunjung disaat Weekend :. 'Canon Powershot A2200'

1 komentar: